Desain Ruang Tamu Minimalis Maskulin

Ruang tamu merupakan ruangan yang sangat vital keberadaannya dalam satu hunian. Ruangan inilah yang akan pertama kali di singgahi oleh tamu kehormatan Anda. Suatu ruangan yang berisi ekspresi dan refleksi dari kepribadian sang empunya rumah. Untuk itu dalam menata ruang tamu memerlukan detail & perasaan yang sesuai dengan idealisme Anda terlebih jika ruang tamu tergolong minimalis.

Suatu tantangan tersendiri dalam menata ruang tamu yang mungil atau minimalis jika Anda mempunyai kepribadian yang maskulin atau terlihat kuat. Menata ini harus memadu padankan antara interior, furnitur, aksesories dan beberapa ornamen yang membentuk ekosistem ruangan yang kuat atau maskulin. Berikut inilah beberapa tips yang mungkin Anda butuhkan dalam membentuk ruang tamu minimalis yang masukulin.

Jangan Takut Berkreasi

Hal yang sering kali di takutkan dalam menata ruangan minimalis adalah komposisi furniture juga aksesories di dalamnya. Untuk membentuk karakter yang kuat dan maskulin di butuhkan keberanian keluar dari konsep mainstream yang sering kali menghambat kreativitas Anda.

Dominasi Warna Hitam & Bold

Untuk membentuk karakter kuat yang maskulin dalam ruang tamu maka Anda harus banyak memainkan warna hitam atau bold. Dominasi warna ini bisa terwakilkan dengan kain jok sofa dari kulit warna hitam dan finishing furnitur warna gelap yang tebal. Pemilihan warna dinding jangan terlalu terang dan hindari warna putih atau fancy karena membuat ruangan menjadi feminim. Pilihan cat interior warna creme yang sedikit redup akan memperkuat kesan furnitur dan ekosistem di dalamnya.

Baca Artikel Menarik Ini : Tips Membeli Kursi Tamu

Konsep Industrial Berpadu Dengan Kayu Solid

Untuk menyelaraskan warna hitam atau bold maka perlu di support pemilihan material yang terlihat kuat dan kokoh. Material ini bisa menggunakan metal atau logam yang sering di sebut juga konsep industrial. Konsep ini sekarang banyak di gemari karena kebosanan terhadap desain yang monoton juga mengikuti trend scandinavian industrial. Furniture dari kayu jati yang solid akan menambah nuansa maskulin terlebih jika finishingnya warna dark atau salak brown. Kombinasi metal dan kayu inilah yang akan memunculkan karakter kuat Anda sebagai sosok yang di kagumi oleh tamu kehormatan Anda.

Tempatkan Kursi Tamu Yang Berkarakter

Pilihan furniture tentu berada di tangan Anda, saran Kami pilihlah furnitur seperti sofa atau kursi tamu jati yang mempunyai desain sangat kuat karakternya. Konsep antik kolonial sangat cocok untuk membentuk ruangan yang penuh semangat membara. Ukiran, lekukan dan uliran khas desain kolonial ini mempunyai karakter kuat sebagai orang yang berkuasa dan punya pengaruh kuat. Gunakan furniture jati jepara yang berjaya pada masa penjajahan seperti koleksi atau replika desain Van Der Pol. Sofa ruang tamu kolonial yang dibalut dengan kulit jok berwarna hitam bisa Anda jadikan referensi agar tampilan lebih macho dan enerjik. Karena luas yang minimalis maka tak perlu Anda terlalu banyak meletakan furnitur, hemat space ruang tamu untuk asesoris atau ornamen sebagai variasinya.

Lihat Koleksi Kursi Tamu Jepara Terbaru : Kursi Tamu Jati

Pilih Bantal Sofa Hitam Yang Harmonis

Keharmonisan sangat diperlukan untuk menambah kesan atau karakter yang akan di timbulkan. Penambahan bantal peluk pada sofa menjadi support yang akan menambah variasi kekuatan sofa itu sendiri. Asesoris sekecil apapun akan menambah atau bahkan mengurangi nilai dari penataan furniturnya. Untuk itu Anda harus benar benar detail dan jeli agar keselarasan karakter ruang tamu yang maskulin tetap terjaga kuat.

Meja Tamu Kolonial Yang Minimalis

Penambahan meja tamu ini adalah syarat yang harus ada dalam ruang tamu karena fungsinya cukup vital. Pilihlah meja tamu yang senada dengan sofa kolonial dengan tetap mengacu pada konsep ruang tamu maskulin. Selain desain, pilih warna finishing yang senada dengan sofa. Aksen warna salak brown atau dark brown dengan sentuhan antik glaze akan mengeluarkan sisi kuat atau kereng ( dalam bahasa jawa ).

Opsional Meja Sudut

Meja sudut ini berfungsi sebagai tempat display untuk meletakkan foto atau asesoris. Sebagai tempat display tentunya ini menjadi perhatian khusus meskipun ukurannya cukup kecil namun fngsinya cukup vital. Tempatkan pada sudut yang masih mencukupi dengan syarat letakkan pada jarak terdekat dengan sofa atau kursi tamu. Desain tetap mengacu pada kolonial dengan warna salak atau dark brown bold yang kuat.

Tambahan Asesoris Kuda

Tidak harus kuda, tapi aksen binatang yang perkasa akan menunjukan siapa jati diri Anda sebenarnya. Usahakan selalu Anda simbol hewan yang perkasa seperti kuda, singa ataupun harimau. Asesories ini tidak harus besar, menyesuaikan dengan luas ruang tamu yang masih terdapat space. Misalpun tidak ada ruang lagi, patung kuda ini bisa Anda tempatkan dalam meja sudut. Untuk itu kebijakan sangat diperlukan mengingat dengan ruangan tamu yang mungil dan minimalis.

Mirror Sebagai Centre Of Interest

Sebagai pusat perhatian bisa Anda tambahkan ornamen mirror bulat di atas kursi tamu antik kolonial. Pastikan mirror ini mempunyai desain yang sinergi dengan kursi tamu kolonial dan oranmen pendukungnya. Terutama pilih dengan warna yang senada yaitu dark brown. Di sekitar area mirror bisa di berikan album foto atau asesoris yang di tempel di dinding ruang tamu.

Referensi Artikel

Artikel ini Kami sadur ulang dari majalah laras edisi 193 tahun 2005, dengan tidak mengurangi esensi yang telah di beritakan sebelumnya. Perubahan isi artikel Kami sesuaikan dengan bahasa dan konsep furniture terbaru sesuai kapasitas Kami sebagai produsen furnitur jepara. Jika Anda membutuhkan furniture kolonial baik kursi tamu, sofa, meja tamu atapun asesories dari kayu lainnya bisa menghubungi Jepara Art Furnicraft. Fast Respon WhatsApp 082323303666.

Owner & Founder Jepara Art Furnicraft. Penulis Artikel Informasi Desain Interior & Edukasi Furniture

Artikel Terkait Lainnya